6 Jenis Kayu Cocok Dijadikan Furniture

Mari Bersama Mewujudkan Interior Ruang Impian Anda

Interior Solo Raya melayani area Solo, Klaten, Sukoharjo, Sragen, Jogja dan sekitarnya. Kebahagiaan customer adalah kepuasan bagi kami.

Call / WA: 0815-4840-5422

Membahas tentang furniture sangat erat dengan jenis kayu untuk furniture yang akan digunakan. Menentukan jenis kayu yang murah tetapi tetap kuat dan tahan lama untuk kebutuhan furniture memang tidak mudah. Maka dari itu pentingnya kita untuk mengetahui Kelebihan dan kelemahan setiap jenis kayu yang digunakan sehingga lebih mudah memilih berbagai jenis kayu untuk material furnitur, dari yang berkualitas tinggi dan mahal sampai yang biasa dengan harga yang murah.

Furniture adalah sesuatu hal yang tidak bisa kita pisahkan dari interior sebuah bangunan dan sangat mempengaruhi tampilan interior dari suatu bangunan tersebut. Nah, buat kamu yang ingin mengetahui lebih tentang.

Pengertian Furniture

Furniture adalah mebel dalam segi bahasa dan bisa juga diartikan sebagai perabot yang mana perabot tersebut diperlukan, berguna, atau disukai, seperti barang atau benda yang dapat dipindah-pindah, digunakan, untuk melengkapi rumah, kantor, dan sebagainya contohnya seperti lemari, rak, kursi dan meja.

Furniture di era yang sekarang ini banyak sekali jenisnya, bahkan setiap negara mempunyai ciri khas tersendiri terhadap desain furnitur yang mereka gunakan Furniture bukan lagi hanya digunakan sebagai tempat untuk mengerjakan suatu aktivitas seperti meja dan kursi. Tetapi penggunaan furniture lebih dimodifikasi sehingga menjadi desain produk artistic.

Fungsi Furniture

Selain fungsi utamanya sebagai media penyimpanan dan tempat untuk melakukan aktivitas, berikut ini adalah fungsi lain dari furniture, meliputi:

Fungsi Furniture, Sumber: Unsplash/@pickawood
Fungsi Furniture, Sumber: Unsplash/@pickawood
  1. Sebagai pendukun segala aktivitas dalam sebuah bangunan atau apartemen, misalnya di dalam bangunan perkantoran.
  2. Meningkatkan nilai sebuah perusahaan seperti mebel ruang kerja yang mampu membangkitkan motivasi karyawan karena menghadirkan suasana dan fasilitas yang mendukung.
  3. Menghadirkan estetika dan nilai seni tersendiri pada sebuah ruangan sehingga memerlukan pertimbangan dalam pembeliannya.
  4. Meski begitu, terkadang kehadiran furniture di suatu ruangan terlihat kurang menarik dan tidak menyatu dengan interior desainnya. Maka, penting untuk mempertimbangkan secara matang sebelum melakukan pembelian furniture.

Alasan Memilih Jenis Kayu Untuk Furniture

Memilih bahan jenis Kayu sebagai bahan untuk furniture karena bahan material yang mudah dibentuk. Bahan material kayu yang mudah dipotong, diukir atau dipahat sedemikian rupa ini memudahkan untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan kita. Bentuk dari kayu bisa dibuat menjadi meja, kursi, rak, patung, miniatur, dan sebagainya.

Alasan Memilih Kayu untuk Furniture, Sumber: Unsplash/@andreaedavis
Alasan Memilih Kayu untuk Furniture, Sumber: Unsplash/@andreaedavis

Dengan jenis bahan Kayu untuk furniture lebih mudah digunakan karena bahan yang mudah dibentuk untuk membuat berbagai macam interior. Nah, anda juga bisa menggunakan jasa Interior Solo Raya untuk mendesain tempat rumah anda menjadi lebih indah dengan menggunakan bahan dasar kayu.

Jenis Kayu Untuk Furniture dan Keunggulannya

Ada beragam jenis kayu yang cocok dijadikan untuk furniture, berikut akan dijelaskan beserta keunggulan dari masing-masing jenis kayu.

1. Jenis Kayu Mahoni Untuk Furniture

Jenis kayu mahoni ini sangat mudah ditemukan di Indonesia karena kayu mahoni berasal dari pohon yang hidup di daerah tropis. Kelebihan Kayu Mahoni, Harga relatif lebih murah dibanding kayu jati, Untuk kekurangan Kayu Mahoni sendiri yaitu Serat tidak sekuat kayu jati dan Mudah diserang hama jika penanganan tidak tepat dari awal.

Kayu jenis ini mudah dipakai dengan berbagai macam jenis cat kayu hal ini dikarenakan dengan Karakter kayu yang Cocok digunakan menggunakan finishing warna solid.

2. Kayu Sungkai

Kayu sungkai merupakan salah satu jenis kayu yang cukup banyak diminati oleh masyarakat karena kualitas kualitas yang dimiliki oleh kayu ini. Banyak kegunaan yang biasa dimanfaatkan dari jenis bahan kayu ini dan salah satunya yang paling sering yaitu dimanfaatkan oleh pabrik perabot rumah tangga seperti lemari, meja, kursi hingga lantai kayu.

Kayu Sungkai, Sumber: Google

Sering juga Kayu Sungkai ini digunakan untuk membuat kusen, daun pintu, daun jendela dan pintu garasi Karen jenis kayu ini memiliki tingkat kekerasan yang lumayan tinggi. Karakter keras yang dimilikinya membuat kayu ini tidak mudah pecah, retak dan lapuk ketika dijadikan bahan pembuatan furniture.

3. Kayu Jati

Sudah tidak diragukan lagi kekuatan atau kualitas dari kayu jati. Dalam industri mebel pun kayu jati menjadi primadona bahkan jenis kayu ini sering dijadikan brand furniture di Indonesia.

Kayu jati bisa dikatakan salah satu jenis kayu premium. Kayu jati butuh waktu hingga puluhan tahun untuk bisa digunakan sebagai bahan mebel atau furniture. Faktor usia inilah salah satu yang mempengaruhi harga kayu jati menjadi mahal. Selain itu karena faktor supply and demand, banyak yang cari, tapi stok terbatas.

Kelebihan Kayu Jati yaitu Lebih awet, Memiliki guratan serat bagus dan menonjol dan Tahan terhadap benturan. Kelemahan Kayu Jati yaitu, Harga relatif mahal, Tidak cocok menggunakan finishing solid warna terang.

4. Kayu Trembesi

Jenis kayu ini salah satu jenis kayu yang paling mudah ditemukan di Indonesia. kayu dari pohon yang bergenus Albizia. Pohonnya sendiri bisa tumbuh dalam waktu cepat, tidak seperti pohon jati. Dengan demikian, konsumen tidak perlu berebut untuk mendapatkan kayu trembesi dalam bentuk papan kayu ataupun balok.

Kayu jenis ini memiliki tampilan yang unik yaitu memiliki bagian tengah yang berwarna gelap seperti coklat tua dengan sedikit garis hitam. Penggunaan kayu trembesi juga mampu menonjolkan kesan yang tangguh.

Kayu Trembesi, Sumber: Google
Kayu Trembest, Sumber: Google

Selain tumbuh cepat, pohon trembesi dapat tumbuh dengan diameter mencapai 1,5 meter. Dengan ukuran tersebut anda bisa membuat furniture berukuran besar seperti meja makan tanpa perlu menyambung dua papan kayu terlebih dahulu.

5. Kayu Jati Belanda

Kayu jati belanda salah jenis kayu yang susah untuk dibentuk, kayu jenis ini memiliki karakter yang lebih lunak. Meskipun demikian, kayu ini tetap memiliki resistensi yang cukup kuat dan tahan terhadap benturan.

Dari segi bobot, kayu ini lebih ringan dibandingkan kayu lainnya Kelebihan dari jenis kayu ini yaitu mempunyai serat menonjol dan sangat bagus dan Harga relatif murah. Kelemahannya yaitu kurang kuat dan kandungan minyak alami sangat tinggi.

6. Kayu Mindi

Jenis kayu ini memiliki serat yang tergolong padat sehingga membuat tekstur permukaannya terasa halus. Berkat hal tersebut membuat kayu mindi mudah diolah menjadi bahan utama dalam industri mebel serta kayu mindi ini memiliki bobot yang tergolong ringan sehingga mempermudah ketika melakukan pemindahan.

Jenis kayu mindi termasuk dalam jenis kayu dengan ketahan yang sedang. Sehingga harganya pun tergolong murah. Sehingga membuatnya menjadi bahan alternatif dalam pembuatan furniture dengan harga yang murah.

Kekurangan dari jenis kayu ini yaitu memiliki ketahanan dan kekuatan yang tergolong rendah. Sehingga kurang tepat jika digunakan pada konstruksi bangunan karena kayu mindi ini tidak dapat bertahan dalam kondisi cuaca yang ekstrim

Demikian ulasan kami tentang jenis-jenis kayu yang dapat diterapkan untuk furniture. semoga dapat menambah wawasan Anda serta dapat menjadi referensi yang membantu untuk memilih jenis kayu yang tepat untuk pembuatan perabot furniture yang sesuai untuk kebutuhan rumah Anda. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Leave a Comment

Logo Jasa Interior Solo Raya

Ada banyak cerita dalam setiap ruang yang kita tempati. Kami memastikan ruangan Anda penuh energi positif melalui karya interior bersama. Interior Solo Raya siap bekerja sama mewujudkan ruang impian Anda.

Layanan Interior

Interior Rumah

Interior Cafe

Interior Apartemen

Kitchen Set

Desain 3D dll

Contact

Interior Solo Raya

Perum Glodokan Indah, Klaten, Jawa Tengah

No Hp: 0815-4840-5422